Mari Kenali Jenis Batu Permata Koleksi Anda

jenis batu permata
jenis batu permata

Jenis batu permata

Mari Kenali Jenis Batu Permata Koleksi Anda

Tidak semua batu dapat dikategorikan sebagai batu permata. Batu permata diharuskan memiliki keindahan, ketahanan dan kelangkaan. Batu permata terjadi karena proses geologi yang cukup panjang. Keindahan batu permata tergantung dari lamanya tumpukan-tumpukan mineral di dalam tanah bercampur dan menyatu. Untuk memperjelas, mari kita simak tentang trend batu permata dan jenis batu permata.

 

Batu Akik, Jenis Batu Permata yang Jadi Trend di Indonesia

Bagi sebagian masyarakat, batu permata kini bukan hanya dijadikan sebagai benda-benda sakral peninggalan leluhur. Namun, juga bisa dijadikan sebagai koleksi pribadi. Koleksi batu-batu permata telah dilakukan oleh sebagian orang dengan berbagai alasan. Ada yang beralasan ikut trend, tetapi ada juga yang memang pecinta batu permata.

 

Akhir-akhir ini, jumlah pecinta batu permata semakin banyak. Bahkan, beberapa waktu belakangan batu akik sempat menjadi trend di masyarakat. Batu akik merupakan salah satu jenis batu permata yang dikenal banyak orang. Selain batu akik, terdapat beberapa jenis batu permata yang biasa dikoleksi oleh para pecinta batu mulia.

 

Apa Saja Jenis Batu Permata di Indonesia?

Berikut merupakan beberapa jenis batu permata yang dikenal di masyarakat. Baik dari segi keindahannya maupun dari segi ketahanannya.

 

  1. Sapphire

Batu sapphire (safir) merupakan salah satu varietas alami dari mineral Corundum yang berkualitas. Batu safir, umumnya berwarna biru. Sebenarnya, batu safir ditemukan dalam berbagai warna. Namun pada umumnya, batu Safir alami berwarna muda dan cukup pucat. Biasanya batu safir diberi nama berdasarkan warnanya. Misalnya safir kuning dengan nama yellow sapphire, green sapphire untuk safir hijau, atau violet sapphire untuk safir ungu. Ada juga jenis safir yang langka, yaitu padparadscha.

 

  1. Bacan

Bacan merupakan batu permata asli yang berasal dari Halmahera Selatan, Maluku Utara. Batu bacan dianggap sebagai “batu hidup”. Sebab, batu bacan memiliki kemampuan untuk terus menciptakan keindahan. Terdapat tiga jenis batu bacan, yaitu bacan palamea, doko dan bacan obi.

 

  1. Idokras

Batu idokras biasanya berwarna hijau lumut atau coklat kekuningan. Batu jenis ini berasal dari Sumatra Barat dan Aceh.

 

  1. Chalcedon

Jenis batu permata ini memiliki berbagai macam warna, di antaranya orange, kuning, merah. Namun pada umumnya, batu ini berwarna hijau. Batu ini biasanya seperti tertutup oleh kabut, sehingga cahaya batu ini tampak lebih mencolok. Batu jenis ini terdapat di daerah Sulawesi Tenggara dan juga Jawa Timur.

 

  1. Agate gambar

Jenis batu permata agate gambar memiliki keistimewaan, yaitu terdapat gambar di dalam bongkahannya. Gambar-gambar tersebut terukir secara alami oleh proses geologi. Bukan merupakan ukiran manusia.

 

  1. Crysoberil

Batu ini biasa dikenal sebagai permata opal atau permata lembek. Opal memiliki keistimewaan, yaitu memancarkan cahaya seperti berlian. Jenis batu ini dapat ditemukan di India, Australia, Meksiko, Mesir, serta di Banten, Indonesia.

 

Keenam jenis batu permata itu bisa Anda dapatkan di laman www.nagins.com dengan harga yang sesuai. Keaslian batu permata dijamin 100% oleh penjual. Melalui laman tersebut, Anda tak perlu khawatir akan keaslian batu permata. Bagi Anda yang merasa bahwa batu yang dibeli di laman www.nagins.com bukan batu permata asli, Anda tak perlu khawatir. Sebab, penjual akan memberikan ganti rugi 100%, senilai dengan harga batu permata tersebut.

 

Bagi Anda pecinta batu permata, kunjungilah laman www.nagins.com untuk mendapatkan batu permata yang Anda inginkan. Dengan kualitas yang bagus dan harga yang cocok, Anda dapat menambah koleksi batu permata. Anda juga dapat menjadikan rumah Anda semakin indah dengan menampilkan jenis batu permata koleksi Anda sebagai dekorasi ruangan.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*