Mengenal Batu Amethyst

mine_amethyst

mine_amethyst

Mengenal Batu Amethyst

Berbicara mengenai batu akik pastinya tidak ada habisnya. Pasalnya, jenis batu akik saja sangat banyak sekali dan setiap jenis batu ini memiliki keistimewaan masing-masing. Salah satu jenis batu akik yang bisa dibilang sangat populer yaitu batu Amethyst atau yang lebih dikenal oleh orang Indonesia sebagai batu kecubung ungu.

 

Istilah dari Amethyst sendiri berasal dari bahasa Yunani “Amethystos” yang memiliki arti “Tidak Mabuk” karena memang pada awalnya batu ini sering digunakan sebagai jimat penangkal keracunan. Dalam perkembangannya batu Amethyst selanjutnya lebih dikenal sebagai simbol ketenangan. Warna ungunya yang khas memang menjadi ciri yang paling menonjol dari batu ini.

 

Cara Mengenali Batu Amethyst

Selain warna ungu yang khas, ada beberapa ciri lain yang terdapat pada jenis batu akik ini. Bagaimana cara mengenali batu ini? berikut sedikit ulasan mengenai berbagai hal yang menjadi ciri khas batu yang memiliki warna ungu ini.

 

Yang pertama yaitu batu akik kecubung ungu ini memiliki rumus kimia SiO2. Jika dilihat atau disorot dengan cahaya buatan seperti senter dan lampu, warna dari batu permata ini tidak bisa dipancarkan secara maksimal. Hal ini sangat berbeda sekali bila dilihat pada siang hari dengan sinar matahari, warna ungu yang ditampilkannya akan sangat bagus sekali.

 

Berbicara mengenai kualitasnya, ternyata faktor warna ungunyalah yang bisa menentukan apakah batu permata tersebut memiliki kualitas bagus atau tidak. Sebenarnya warna dari batu kecubung ungu ini mulai dari ungu tua, ungu muda hingga warna merah violet. Untuk batu Amethyst dengan kualitas nomor wahid akan memiliki warna ungu yang gelap. Semakin gelap warna ungunya maka akan semakin bagus kualitasnya.

 

Sedangkan untuk tingkat kekerasan sendiri, batu kecubung ungu termasuk ke dalam kategori 7 skala Mohs yang mana menjadikannya memiliki kekerasan yang cukup serta tahan lama. Oleh karena itu, batu kecubung ungu ini sangat cocok untuk dipakai sebagai perhiasan sehari-hari.

 

Tidak hanya itu saja, ciri lain dari batu kecubung ungu yang memiliki kualitas terbaik umumnya adalah yang memiliki Clarity Transparent atau tingkat kebeningannya bisa tembus pandang. Hal ini bisa diuji dengan menyoroti cahaya pada batu ini. Jika cahaya bisa menembus batu tanpa adanya hambatan maka bisa dibilang batu kecubung ungu tersebut berkualitas.

 

Penggunaan Batu Amethyst Sebagai Perhiasan

Sudah disebut di atas jika batu Amethyst ini sangat cocok sekali dipakai sebagai perhiasan. Untuk jenis desain perhiasannya sendiri bisa dibilang semua desain perhiasan bisa memakai batu kecubung ungun. Misalnya seperti liontin, cincin, dan kalung. Mungkin banyak orang berpikiran jika batu kecubung ungu hanya cocok dipakai oleh para kaum hawa karena warna ungunya yang cantik. Namun, ternyata kaum pria pun juga cocok jika mengenakan perhiasan dari batu ini karena memang warna ungu adalah warna kerajaan.

 

Karena memiliki tingkat kekerasan tinggi membuat batu ini bisa tahan akan goresan ataupun kerusakan. Apakah Anda tertarik untuk membeli permata Amethyst ini? Jika Anda berminat ada salah satu website toko online yang khusus untuk menjual bermacam-macam batu yang sangat recommended sekali bagi Anda. Toko online tersebut adalah www.nagins.com.

 

Dalam website tersebut juga tersedia berbagai macam batu Amethyst dari berbagai negara. Tentunya harga yang ditawarkannya juga bisa berbeda-beda tergantung dari kualitas batu kecubung ungu. Jadi, tunggu apalagi segera lengkap koleksi perhiasan Anda dengan batu kecubung ungu dari www.nagins.com.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*