Para Pecinta Batu Mulia, Kenalilah Ciri-Ciri Batu Ruby Asli

Batu Ruby
Batu Ruby

Batu Ruby

Para Pecinta Batu Mulia, Kenalilah Ciri-Ciri Batu Ruby Asli

Batu ruby merupakan salah satu jenis batu berkelas yang banyak diincar oleh para kolektor batu mulia, terutama di Indonesia. Salah satu ciri-ciri batu ruby asli adalah memiliki tingkat kekerasan 9,0 skala Mohs. Batu indah ini terbentuk dari korundum mineral. Korundum mineral merupakan kristal alumunium oksida yang memiliki ketahanan paling lama di bumi.

 

Batu ruby memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis batu ruby yang dikenal di pasaran adalah Myanmar, Thailand, Sri Lanka, Madagaskar, serta Tanzania. Sejak tahun 1990, Myanmar tepatnya Burma, ditemukan sebuah batu rubi yang berwarna merah yang dikenal sebagi pigeon blood atau darah merpati. Sampai saat ini, batu ruby jenis ini merupakan batu ruby dengan kualitas nomor satu.

 

Ketahanan batu ruby yang tinggi dan tampilannya yang indah membuat batu ruby digemari para kolektor batu mulia. Bagi pecinta batu ini, berani membayar harga tinggi untuk mendapatkan batu ruby dengan kualitas yang tinggi. Hal tersebut menyebabkan beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan penipuan. Misalnya dengan membuat batu ruby imitasi yang dihargai setara dengan batu ruby asli.

Apa Saja Ciri-ciri Batu Ruby yang Asli dan Imitasi?

Segala sesuatu yang berupa imitasi biasanya memiliki perbedaan dengan yang aslinya, termasuk batu ruby. Agar tidak tertipu saat membeli batu ruby, berikut terdapat beberapa ciri-ciri batu ruby asli.

 

  1. Model batu yang retak

Ciri-ciri batu ruby asli yang pertama adalah adanya retakan tipis. Jika Anda melihat batu ruby asli yang diperbesar dengan kaca pembesar, akan terlihat retakan-retakan tipis di dalam batu tersebut. Retakan itu bukan sesuatu yang salah, melainkan sesuatu yang benar. Batu ruby yang memiliki retakan-retakan tipis di dalamnya merupakan pertanda bahwa ruby tersebut asli. Jika Anda melihat batu tersebut bening dan tanpa retakan tipis di dalamnya, maka ada kemungkinan bahwa batu tersebut merupakan imitasi.

 

  1. Tingkat kekerasan tinggi

Untuk menguji keaslian batu ruby, Anda dapat menggunakan cara yang biasa dilakukan oleh orang-orang, yaitu dengan menggigit batu ruby tersebut secara kuat. Batu ruby yang asli tidak akan pecah. Hal tersebut berbeda dengan saat Anda menggigit batu ruby imitasi. Saat digigit, batu ruby imitasi akan pecah. Sebab, batu ruby imitasi terbuat dari kaca dan plastik.

 

  1. Warnanya merah menyala

Ciri-ciri batu ruby asli yang ketiga berwarna merah menyala. Warna utama batu ruby adalah merah. Namun, ada juga beberapa batu ruby yang memiliki warna sekunder orange, ungu, violet, dan juga merah muda.

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Batu Ruby yang Asli?

Ruby, merupakan salah satu jenis batu mulia yang lumayan sulit untuk didapatkan. Laman www.nagins.com merupakan salah satu situs yang menjual batu-batu mulia. Salah satunya adalah batu ruby. Batu-batu mulia di laman ini terjamin keaslinya 100%.

 

Batu-batu mulia yang dijual di laman www.nagins.com didatangkan langsung dari Afrika, Brazil, Sri Lanka, Burma, dan juga India. Beragam jenis batu mulia tersedia di sini, termasuk ruby, blue topaz, shappire, aqua marine, sitrine, dan masih banyak jenis batu mulia lainnya. Selain itu, di laman ini juga tersedia rough atau bongkahan batu kristal. Rough bisa dijadikan sebagai hiasan di rumah Anda.

 

Situswww.nagins.com merupakan tempat jual beli batu permata yang sudah ada sejak tahun 2009. Berbagai jenis batu mulia bisa didapatkan di laman ini dengan keaslian dan harga yang terjamin. Anda juga dapat menghubungi nomor-nomor yang tertera di laman tersebut untuk mendapatkan batu mulia.

 

Itulah beberapa hal mengenai batu ruby. Mulai dari tentang batu ruby, ciri-ciri batu ruby asli, serta cara Anda mendapatkan batu ruby yang asli.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*