Batu Permata Chalcedony

chalcedony

 

Batu Mulia atau Batu Permata Chalcedony berasal dari kata Chalcedon, yaitu nama sebuah pelabuhan purba di Laut Marmara, Turki. Batu ini memiliki dengan kandungan kristal yang berwarna putih atau kelabu. Chalcedony mempunyai banyak variasi warna, seperti warna dari Biru muda, Kuning,Hijau, Coklat, Hitam, Merah, Merah muda, dan Putih.

Beberapa batu mulia juga dianggap sebagai bagian variasi dari Chalcedony, sehingga terkadang variasi inilah yang lebih mahal ketimbang batu Chalcedony ini sendiri. Beberapa batu mulia yang masuk dalam golongan batu Chalcedony yang berharga mahal adalah Chrysoprase, Chrysocolla, Bloodstone dan Onyx dapat mencecah  harga yang tinggi di pasaran.

Chalcedony banyak dihasilkan oleh negara seperti India, Madagascar, Burma, Brazil, Mexico dan Amerika Serikat. Karena beragamnya warna dari batu ini maka  beberapa penghasil batu mulia juga melakukan proses pewarnaan sintetik yang disebut proses colouring dye untuk mendapatkan lebih banyak lagi warna-wana yang menarik.

2 Comments

  1. esa October 12, 2014 Reply

    Artikel yang menarik min. Saya pernah dapet batu, trs sy tanyakan sama jual batu akik namanya sama dengan yang di atas, tp sy ragu” kalau menurut sy kecubung. Trs bagaimana cara colouring dye?

  2. Nagins Jewelry November 10, 2014 Reply

    colouring dye?. Maksudnya bagaimana pak,?

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*