Rajanya Batu Permata

Rajanya batu permata

Tidak ada Batu Permata yang dihargai sangat mahal dalam sejarah melebihi batu permata ruby. Dinyatakan dalam Alkitab dan tulisan-tulisan Sansekerta kuno permata yang paling berharga dari semua  batu permata, ruby sudah lama ‘menghiasi’ para kaisar dan raja-raja jaman dahulu dengan warna pancaran yang menawan dan menyala-nyala.

Batu permata ruby merupakan simbol dari keberanian dan keteguhan hati. Prajurit, menurut cerita, ditanamkan batu ruby di bawah kulit mereka  untuk membawa mereka berani dalam pertempuran dan tak terkalahkan. Batu ini juga digunakan sebagai jimat terhadap bahaya dan bencana, untuk menghentikan pendarahan dan sejumlah penyakit lain. Warnanya yang intens diduga berasal dari api abadi yang muncul dari dalam batu, atau, seperti beberapa legenda, merupakan potongan dari planet Mars.

Batu permata Ruby adalah variasi dari mineral corundum, masih di bawah batu safir (sapphire). Seperti safir, batu ruby berada pada tingkat kekerasan “8.5” pada skala Mohs, yang menjadikannya  batu nomor tiga paling keras setelah Sapphire dan intan.

Ruby terbaik adalah yang secara intens mengalami penjenuhan, berwarna merah murni tanpa nada cokelat atau putih. Setelah warna, faktor-faktor yang mempengaruhi nilainya adalah kejernihan, potongan,ukuran dan berat. Batu permata ruby yang  jelas tanpa terlihat inklusi lebih berharga daripada mereka yang terlihat cacat internal.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*