Tips Merawat dan Mengenali Keaslian Bongkahan Amethyst

Bongkahan Amethyst

Produk Bongkahan Amethyst Nagins Jewelry

Tips Merawat dan Mengenali Keaslian Bongkahan Amethyst

Jika Anda seorang kolektor batu mulia mungkin sudah sangat familiar dengan salah satu jenis batu yang sangat terkenal ini yaitu batu Amethyst. Kualitas dari batu ini juga sangat bagus sekali seperti memiliki tingkat kekerasan batu dengan nilai hingga 7 skala Mohs. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak kolektor batu yang berlomba-lomba untuk berburu bongkahan Amethyst di penjuru negeri ini.

 

Di Indonesia sendiri, daerah yang terkenal banyak menyimpan batu kecubung ungu dengan kualitas kristal terbaik yaitu ada pada daerah Tanjung Bintang, Provinsi Lampung. Selain Indonesia, ternyata di negara-negara lain juga banyak ditemukan bongkahan Amethyst ini. Misalnya, seperti negara Rusia, Australia, Brazil, Bolivia, Uruguay, Namibia, Zambia serta Argentina. Dari berbagai negara penghasil batu kecubung ungu tersebut ternyata yang memiliki batu kecubung ungu terbaik yaitu ada Siberia, negara Rusia.

 

Tips Merawat Batu Bongkahan Amethyst

Untuk jenisnya sendiri ternyata bongkahan Amethyst ini terbagi menjadi dua yaitu jenis Amethyst Flower dan Amethyst Banded yang mana dibedakan dari karakteristiknya masing-masing. Dalam sejarahnya sendiri batu kecubung ungu banyak disukai oleh keluarga kerajaan untuk dipakai sebagai perhiasan. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya temuan perhiasan keluarga kerajaan yang banyak menggunakan salah satu jenis batu kecubung ini.

 

Warna ungu yang khas dari batu kecubung ini terbilang sangat indah sekali. Oleh karena itu, orang banyak menyukainya sehingga banyak dijadikan perhiasan seperti cincin, kalung serta liontin. Untuk selalu mendapatkan warna yang bagus maka dibutuhkan perawatan khusus baik untuk bongkahan Amethyst ataupun juga yang sudah dijadikan perhiasan. Apa saja hal yang harus dilakukan dalam perawatannya? Berikut ulasannya.

 

Tips yang pertama yaitu selalu bersihkan batu kecubung ungu ini secara teratur. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan alat khusus yang biasa dipakai sebagai pembersih perhiasan. Anda juga bisa menggunakan sikat yang memiliki bulu kuas yang lembut dalam membersihkannya. Dalam penggunaan air untuk membersihkan batu permata ini, air hangat merupakan pilihan yang tepat serta bisa diberi sedikit sabun supaya kotoran-kotoran yang menempel di atas batu bisa dengan mudah terangkat.

 

Jika Anda akan berencana menyimpan batu kecubung dalam jangka waktu yang lama, maka sebaiknya disimpanlah di tempat yang sejuk serta terhindar dari sinar matahari secara langsung. Hal ini dikarenakan sinar matahari dapat memudarkan warna batu kecubung ungu.

 

Dalam hal penyimpanannya pula, sebaiknya batu kecubung ungu dibungkus dengan kain yang lembut agar terhindari dari berbagai goresan dari batu mulia maupun lainnya dalam kotak penyimpanannya. Jika tidak ada kain maka bisa membuat sekat-sekat antar batu mulia tersebut. Selanjutnya, selalu jauhkan batu ini terkena zat kimia secara langsung.

 

Tips Mengetahui Keaslian Bongkahan Amethyst

Tips yang pertama yaitu batu Amethyst akan terasa dingin jika didekatkan atau ditempelkan ke bagian pipi. Kedua yaitu batu kecubung ungu memiliki berat yang lebih dibanding dengan batu imitasinya. Tips selanjutnya yaitu jika dibakar maka bagian yang telah dibakar akan tetap berkilau kembali setelah bekas dari bakaran dihilangkan. Hal ini tidak akan terjadi pada batu imitasi.

 

Jika Anda belum dapat membedakan mana yang asli dan yang palsu, Anda bisa membeli bongkahan Amethyst pada www.nagins.com karena memang sudah terjamin sekali keaslian produk batu yang dijual. Membeli permata pada website tersebut pastinya tidak akan merasa kecewa karena memang kualitasnya saja sangat dijaga sekali dan tentunya bukan pasaran.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*